Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten

Posisi SERP
Pemahaman tentang SEO yang berkembang, mengatakan bahwa semakin banyak jumlah konten dalam sebuah website, maka posisi website tersebut di search engine akan semakin baik pula.

Semakin Besar Jumlah Konten suatu website, maka posisi SERP nya akan terdongkrak. Benarkah hal ini ? Ada benarnya. Nah, melalui tulisan ini kami mencoba memberikan pandangan terhadap perihal Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten.

Saya mempunyai dua buah blog salah satu nya blog Optimasi Blogspot ini, dan satu nya lagi anonim.

Kedua blog ini memiliki spesifikasi yang sangat berbeda dalam Jumlah Konten. Blog Optimasi Blogspot memiliki sekitar 10 konten, sedangkan blog anonim tersebut sudah mempunyai konten sebanyak kira-kira 300. 

Pada kedua blog diatas, terlihat jelas perbedaan dari segi jumlah konten, Semakin besar jumlah konten, maka ukuran (size) blog juga akan semakin besar. Ini artinya blog a lebih kecil daripada blog b.

Ukuran yang berbeda inilah yang membedakan cara Alogaritma Search Engine melihat ke dua website tersebut. Semakin besar ukuran blog, maka semakin mudah ia untuk bersaing untuk keyword pendek dengan kompetotor yang lain. 

Sebaliknya, ukuran blog yang kecil akan sangat sulit bersaing untuk keyword pendek. Oleh karena itu, blog ukuran kecil biasanya memanfaatkan keyword panjang (long-tail) untuk bersaing di serp.

Contohnya, pada blog Anonim diatas mungkin akan sangat mudah bersaing dalam keyword "Optimasi Blogspot" akibat kuantitas kontennya (ukurannya yang besar).

Untuk bersaing dalam keywoord ini, blog A akan sangat sulit karena ukuran konten nya yang kecil. Untuk menyiasati hal ini biasanya blog menggunakan keyword panjang seperti "Manfaat Dan Kegunaan Ping Blog Untuk SEO" untuk bersaing di serp. Alhasil si kecil atau si a bisa mengungguli si b atau si anonim.

Melihat hal diatas mungkin akan muncul pertanyaan, mengapa blog yang kaya konten sangat mudah bersaing untuk kata kunci yang kompetitif ? Alasan utamanya adalah, google sebagai mesin pencari menganggap bahwa situs yang berukuran besar (dengan Jumlah Konten yang besar) merupakan situs yang sudah berumur dan kaya konten. 

Situs yang kaya konten dianggap sebagai situs yang berpengalaman dan berguna bagi pengunjung. Oleh karena itu mesin pencari lebih mendahulukan situs-situs yang kaya akan konten.

Jika kita mempunyai blog dengan sedikit konten seperti blog ini,  jangan pernah memaksakan untuk bersaing dalam keyword pendek.

Ini menjadi pelajaran bahwa blog dengan sedikit konten perlu fokus untuk menambah jumlah kontennya dahulu agar Optimasi SEO yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.

Demikian Artikel  Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten. bila ada kesalahan mohon diralat, karena ini sekedar opini dan hasil yang kami dapatkan dilapangan.
Semoga Manfaat.

Next : Pemahaman Dasar Tentang SERP
Sobat sedang membaca artikel Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten Sobat boleh menyebarkannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten ini bermanfaat bagi semua teman-teman, namun jangan lupa untuk meletakkan link Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten sebagai sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung

Artikel Terkait:

One Response to “Posisi SERP Terhadap Jumlah Konten”

  1. apalagi dibarengi dengan konten yang berkualitas, akan semakin dasyat

    ReplyDelete